CONTOH SOAL KELAS 9


NASKAH SOAL TRYOUT BBS TAHUN 2019
SMP NEGERI 3 KRIAN

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Bacalah kutipan teks berikut!


Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.

 
 







1.      Ide pokok kutipan teks tersebut adalah .
A.    pentingnya kesehatan
B.     gaya hidup berolahraga
C.     manfaat berolahraga
D.    dampak negatif berolahraga

2.      Isi tersirat kutipan teks tersebut adalah ….
A.    Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
B.     Ingin tubuh sehat dan bugar, lakukan olahraga secara rutin.
C.     Jika tidak pernah berolahraga, pasti akan merasakan dampak negatifnya.
D.    Olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang.

3.      Bacalah kutipan teks berikut!


Sayangnya artikel tersebut lebih bersifat teoritis. Sebagian besar uraian dalam artikel lebih banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh.(2) Dukungan berupa data yang menunjukkan  adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada. (3) Begitu pula data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain yang dicontohkan pun tidak ditemukan. (4) Namun demikian, artikel tersebut baik untuk kita baca. Paling tidak, artikel itu dapat menambah wawasan tentang pembangunan karakter bangsa.

 
 









Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan teks tersebut  adalah ….
A.    Sebagian  besar  uraian  dalam  artikel  banyak  mengambil  teori  pembangunan karakter dari beberapa tokoh.
B.     Data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun tidak ditemukan.
C.     Dukungan berupa data yang menunjukkan   adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada.
D.    Artikel tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan  karakter bangsa.

4.      Bacalah teks berikut!
(1)           Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. (2) Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, tanpa kecuali. (3) Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan. (4) Dinas Kehutanan bertugas menjaga kelestarian hutan. (5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.

Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah menghilangkan kalimat nomor....
A.    (2)
B.     (3)
C.     (4)
D.    (5)




5.      Bacalah kutipan teks berikut!


Aktivitas belajar bukanlah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa pengaruh dari faktor lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga. Belajar tidak akan pernah dilakukan tanpa suatu dorongan yang kuat, baik dalam dirinya yang lebih utama maupun dari luar sebagai upaya lain yang tidak kalah pentingnya. Faktor lain yang  mempengaruhi  aktivitas  belajar  seseorang  itu  dalam  pembahasan  ini  disebut motivasi. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas belajar siswa. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada kegiatan belajar.

 
 










Ringkasan kutipan tersebut adalah ….
A.    Aktivitas belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan dari luar diri.
B.     Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi untuk hidup lebih baik.
C.     Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga.
D.    Aktivitas belajar seseorang sangat dipengaruhi oleh semangat untuk maju.

6.      Cermati kutipan teks berikut!

Teks I
Teks II
Di    dataran    rendah    yang    kering,
tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan  buah  mangga  yang cukup manis.
Kegiatan      transportasi      harian      relatif
menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita  tercinta  ini,  kemacetan  terjadi  setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah ….

Teks I
Teks II
A
beragam bahasa resmi
beragam bahasa tidak resmi
B
beragam bahasa tidak resmi
beragam bahasa resmi
C
menggunakan kata penghubung sebab
menggunakan kata penghubung dan
D
menggunakan kata penghubung dan
menggunakan kata penghubung sebab

7.      Bacalah kutipan teks berikut!


(1)   Buku kumpulan cerpen Hujan Kepagian” ini cukup menarik karena buku ini menceritakan tentang revolusi kemerdekaan. (2) Hanya sedikit karya sastra yang menampilkan kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. (3) Selain itu, buku ini memiliki amanat yang mengajak generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan. (4) Pengarang menggunakan beberapa kosa kata Belanda sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

 
 








Kelemahan karya sastra pada kutipan tersebut ditandai nomor ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4










Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 8 s.d 10!

…. Sampai di rumah, Shinta langsung tidur. Usai tidur, Shinta mengerang kesakitan. Ibu Shinta pun membawa Shinta ke rumah sakit. Sampai di rumah sakit, Shinta langsung ditidurkan di kasur rumah sakit.
Dok, ini anak saya kenapa? tanya Ibu Shinta panik. Dokter pun mengambil tindakan untuk mengoperasi Shinta, namun sayang Allah berkehendak lain. Shinta meninggal saat operasi berlangsung. Dokter pun ke luar dari ruang operasi.

Bu, tim kami telah berusaha sebisa kami. Namun Tuhan berkehendak lain. Shinta telah tiada, Bu. Sabar ya, Bu.” ujar dokter memegang pundak Ibu Shinta.
Enggak Dok, Dokter bohong kan? elak Ibu tak percaya, lalu Ibu berlari memasuki
ruang operasi.
Shinta! Ibu sayang sama kamu,Nak. Jangan tinggalin Ibu sayang! ujar Ibu memeluk tubuh Shinta yang tak bernyawa. Ibu pun memberitahu Fira dan Lila tentang keadaan Shinta saat ini.
Fira dan Lila pun segera menuju rumah sakit. Sampainya di rumah sakit Fira langsung memeluk tubuh Shinta yang kaku.
Shinta! Jangan pergi, aku masih butuh kamu, Shin! ujar Fira dengan air mata yang
terus mengalir dari matanya.
Sabar Fir, sabar. Kamu harus ikhlas,” ucap Lila menenangkan Fira.

Upacara pemakaman Shinta pun akan diadakan, semua orang menggunakan pakaian serba hitam. Setelah Shinta dimasukkan ke tempat peristirahatan terakhirnya, semua orang kembali pulang, namun Lila dan Fira masih menunggu di makam Shinta. Shinta, aku akan selalu jadi sahabatmu. Karena kita sahabat sejati. Shinta, terima kasih atas kadomu yang terakhir kalinya,” ucap Fira memeluk batu nisan yang bertuliskan „Shinta Ramadhani‟.

 
 




























8.      Simpulan makna simbol pakaian serba hitam pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    kegembiran
B.     pemakaman
C.     berduka cita
D.    bersuka ria

9.      Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah …
A.    Shinta memberi kado terakhir kepada sahabatnya  Fira.
B.     Persahabatan yang sejati akan terbawa sampai akhir hayat.
C.     Lila menenangkan Fira yang bersedih karena kehilangan.
D.    Fira dan Lila menghadiri acara pemakaman sahabat sejatinya

10.  Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    Fira salah paham.
B.     Ibu memaksa Lila.
C.     Lila menyakiti Fira.
D.    Shinta menderita sakit.














Bacalah kutipan kedua cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 11 dan 12!

Kutipan I
Kutipan II
Impian Seorang Gadis Miskin
Hari ini kita akan membahas tentang impian,” ucap Bu Tya, guru Bahasa Indonesiaku.
Tuliskan apa impian kalian serta beberapa alasan kenapa kalian ingin menjadi seperti itu  pada  satu  lembar  kertas.  Mengerti?” Kami semua mengangguk. Satu hal yang muncul dalam pikiranku, menjadi seorang penulis. …

Masih Ada Harapan
Yang mencintaimu tidak hanya satu orang, yang memperhatikanmu juga tidak satu orang, yang perlu kamu juga tidak  hanya  satu  orang,  ada keluargamu, teman-tamanmu, orang di sekitarmu yang perlu kehadiranmu dalam hidup mereka, jangan jadikan satu orang sebagai alasan untukmu berhenti berharap hidupmu harus tetap berjalan. …


11.  Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah diawali dengan ....

Kutipan I
Kutipan II
A
rumitan
peleraian
B
klimaks
rumitan
C
peleraian
penyelesaian
D
penyelesaian
peleraian

12.  Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….

Kutipan I
Kutipan II
A
menggunakan majas
tidak menggunakan  majas
B
bermakna konotasi
bermakna denotasi
C
kalimatnya singkat, jelas
kalimatnya panjang, bertele-tele
D
kalimatnya panjang, membingungkan
kalimatnya singkat, jelas

Bacalah kutipan fabel berikut kemudian kerjakan soal nomor 13 s.d. 16!


….   Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti aku akan mengangkat ranting itu.
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu
telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

 
 

















13.  Komentar yang tepat terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah …
A.    Setiap  melakukan  sesuatu  hendaklah  dipikir   terlebih  dahulu  supaya  tidak menyesal kemudian.
B.     Isi fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk ciptaan Tuhan.
C.     Pemilihan latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya di hutan.
D.    Pemilihan  tokoh  semut  dan  kupu-kupu  sangat  sesuai  dengan  karakter  yang dimiliki kedua tokoh tersebut.


Bacalah cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!

Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik itu dan yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong  lindungi saya, Pak,katanya. Saya  sama sekali tidak terlibat perkelahian itu.”
Saya tidak ikut-ikutan.‖
Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding gerbong. Tak ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah tidak mungkin. Gerbong yang kami tumpangi adalah gerbong terakhir.


14.  Bagian alur pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.     Orientasi
B.      Komplikasi
C.      Resolusi
D.     Koda

15. Latar tempat dan waktu pada kutipan cerpen tersebut adalah....
A.    stasiun, pagi hari
B.     stasiun, sore hari
C.     kereta, malam hari
D.    kereta, siang hari

16.  Cermati teks berikut!


Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!


 
 








Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A.    Kupas bagian kulitnya!
B.     Biarkan sekitar 10 menit!
C.     Tempelkan pada kulit yang luka!
D.    Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!

17.  Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)   Pengalaman pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan YME.
(2)   Esok paginya, setelah puas kami pun turun gunung dengan perasaan penuh haru dan syukur.
(3)   Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami.
(4)   Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.
(5)   Perjalanan mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.
Urutan kalimat-kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A.    (4), (2), (5), (3), (1)
B.     (4), (3), (2), (5), (1)
C.     (5), (4), (3), (1), (2)
D.    (5), (1), (2), (4), (3)

18.  Cermati kalimat berikut!
Motivasi  sangat  penting  artinya  dalam  kegiatan  belajar,  sebab  adanya  motivasi mendorong semangat  belajar dan  sebaliknya, kurang adanya motivasi  akan  […]
 
 



Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ….
A.    membuang
B.     mengecilkn
C.     melemahkn
D.    menghilangkan



19.   Bacalah teks berikut!
Seperti diketahui, motivasi belajar pada siswa tidak sama kuatnya. Pada siswa yang motivasinya bersifat intrinsik, kemauan belajarnya lebih kuat. […] Sebaliknya dengan siswa yang motivasi belajarnya bersifat ekstrinsik, kemauan untuk belajar sangat tergantung pada kondisi di luar dirinya.

 
 






Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A.    Motivasi belajar sangat bergantung pada diri sendiri.
B.     Siswa tersebut tidak tergantung pada faktor di luar dirinya.
C.     Motivasi berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua jenis.
D.    Siswa belajar ketika akan menghadapi ulangan kenaikan kelas.

20.  Bacalah teks berikut!


Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan. Penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi kehidupannya.
[…]
Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-buku kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku pelengkap bahan ajar sangat tinggi.
Banyak buku puisi yang terbit, tetapi tidak sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa SMP dan SMA. Terbitnya buku puisi karya Darmawati ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan bacaan sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna.

 
 














Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A.    Puisi Ragaku” merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang sederhana tidak membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru sebaliknya. Puisi ini seperti sebuah sumur di tengah padang pasir.
B.     Buku  puisi  ini  sangat  membantu  bagi  guru-guru  untuk  mengajarkan  bahan pembelajaran puisi.   Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Meskipun demikian, puisi-puisinya mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.
C.     Penulis   novel   ini   dengan   cerdas   mengambil   sesuatu   yang   beda   demi menyampaikan pesan tentang keagungan Tuhan. Manusia memang tidak ada apa- apanya. Manusia tidak akan menjadi "kuat", kaya, pintar, hebat, dan lain sebagainya, apabila Tuhan tak berkehendak padanya untuk menjadi demikian.
D.    Namun sebagian dari manusia berbuat banyak kerusakan, sementara hati tak sadar tentang siapa diri mereka dan siapa yang menciptakan mereka. Mereka berpikir seolah  bebas  berbuat  apa  saja.  Padahal  dalam  ketidaksadaran  macam  itu, kekuasaan Tuhan tak dapat diragukan lagi.

21.  Perhatikan paragraf berikut!


(1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang dapat       memancing kedatangan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan   merupakan akuarium alam  ukuran  raksasa. (4) Pantai Gili Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu.


 
 








Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4



22.  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!


Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), rokok berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung 4.000 zat kimia yang berbahaya. Sedikitnya 25 jenis penyakit yang timbul sebagai akibat merokok. Di dunia ditemukan 70 juta kematian dalam kurun waktu 50 tahun terakhir karena penyakit yang disebabkan  kebiasaan merokok.  Satu  di  antaranya  adalah  kanker.  Sebuah  survei  pernah  menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi penyebab kematian di Australia pada tahun 1993. Meskipun banyak anggota masyarakat yang meninggal karena penyakit akibat merokok, hal itu ternyata tidak cukup kuat menjadi shock teraphy para pecandu rokok.  Sebaliknya, jumlah perokok aktif kian bertambah, termasuk di Indonesia

 
 











Informasi tersurat berdasarkan teks tersebut  adalah ….
A. Shock teraphy yang ditujukan kepada para pecandu rokok ternyata berhasil.
B.  Kematian akibat merokok ada 50 juta dalam kurun waktu 50 tahun terakhir.
C.  Penyebab utama kematian penduduk  Australia adalah akibat merokok.
D. Kandungan zat kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok ada 4.000 zat.

23.  Kesimpulan isi teks tersebut adalah ....
A.    Merokok menyebabkan kematian 70 juta jiwa pada kurun waktu 50 tahun.
B.     Negara yang paling terkena dampak akibat rokok adalah Australia pada tahun 1993.
C.     Dalam   rokok   terkandung   4.000   zat   kimia   berbahaya   yang   menimbulkan sedikitnya 25 jenis penyakit.
D.    Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang menyebabkan kematian sehingga menjadi masalah kesehatan dunia.

24.  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!


Motivasi memegang peranan yang amat penting dalam belajar. Maslow (1945) dengan teori kebutuhannya, menggambarkan hubungan hirarkhis dan berbagai kebutuhan, di ranah kebutuhan pertama merupakan dasar untuk timbul kebutuhan berikutnya. Jika kebutuhan pertama telah terpuaskan, barulah manusia mulai ada keinginan untuk memuaskan kebutuhan yang selanjutnya. Pada kondisi tertentu akan timbul kebutuhan yang tumpang tindih, contohnya adalah orang ingin makan bukan karena lapar, tetapi karena ada kebutuhan lain yang mendorongnya. Jika suatu kebutuhan telah terpenuhi atau terpuaskan, itu tidak berarti bahwa kebutuhan tesebut tidak akan muncul lagi untuk selamanya. Akan tetapi, kepuasan itu hanya untuk sementara waktu. Manusia yang dikuasai oleh kebutuhan yang tidak terpuaskan akan termotivasi untuk melakukan kegiatan guna memuaskan kebutuhan tersebut.

 
 














Ide pokok kutipan teks tersebut  adalah ….
A.    peranan motivasi dalam belajar
B.     berbagai macam kebutuhan hidup manusia
C.     ketidakpuasan  manusia dalam memenuhi kebutuhan
D.    peranan belajar sebagai motivasi memenuhi kebutuhan

25.  Isi tersirat dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.    Motivasi dan kebutuhan memegang peranan penting.
B.     Pemenuhan kebutuhan seseorang dipengaruhi oleh motivasi.
C.     Belajar  adalah  kebutuhan  hidup  manusia  agar  dapat  memuaskan  aspek-aspek kognitif yang paling mendasar.
D.    Jika  seluruh  kebutuhan  secara  individu  terpenuhi,  maka  akan  merasa  bebas menampilkan seluruh potensinya secara penuh.









26.  Bacalah teks  berikut!


Setelah proses pemijahan selesai, segera angkat induk dari kolam pemijahan ikan lele.  Hal  ini  untuk  menghindari  telur  disantap  oleh  induk  ikan  karena  setelah memijah induk ikan betina akan merasa lapar. Selanjutnya telur yang telah dibuahi ditetaskan. Penetasan bisa dilakukan di kolam pemijahan atau pun di tempat lain seperti akuarium, fiberglass atau kolam terpal. [...]


 
 







Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.    Selama ikan belum menetas sebaiknya air tidak diganti karena akan berpengaruh pada suhu air dan kelembabannya berubah.
B.     Selama proses penetasan suplai oksigen (aerasi) harus dipertahankan dan suhu distabilkan pada kisaran 28 – 29 o C.
C.     Setelah  itu  ditunggu  sekitar  satu  minggu  sampai  ikan-ikan  menetas  dan  siap dipanen.
D.    Selama proses ini lampu yang menerangi akuarium diatur suhunya.

27.  Bacalah teks prosedur  berikut dengan saksama!
(1)   Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)   Mula-mula  air  disalurkan  melalui  saluran  pemasukan,  kemudian  dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah cukup basah.
(3)   Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)   Pengairan harus dilakukan secara rutin 3 5  hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)   Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Urutan kalimat teks prosedur yang tepat adalah….
A.    (1), (3), (2), (5), (4)
B.     (3), (1), (5), (2), (4)
C.     (4), (5), (1), (2), (3)
D.    (4), (1), (2), (5), (3)

Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Teks Fabel II
Dengan   bangganya lucky berlari-lari
 kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu yang  dikalungkan  majikannya,  untuk menarik  perhatian  orang  lain.  Tetapi
tak ada satu pun orang yang senang melihat anjing itu. Balok itu sebenarnya dikalungkan majikannya agar orang mengetahui kehadiran lucky, dan bisa menghindarinya.   Seekor   anjing   lain yang melihatnya kemudian berkata "Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah agar orang tidak melihat balok yang dikalungkan di lehermu.  Apakah  kamu senang  bahwa semua orang tahu betapa nakal dan jahatnya kamu?"

Di    sebuah    hutan,    musim    kemarau,
burung-burung   dan   hewan-hewan   lain sangat    sulit    untuk   mendapatkan   air. Namun ada seekor burung perkutut yang menemukan kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut memiliki bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut  tidak  bisa  menjangkau  air  di dalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa.  Burung  itu hampir  putus  asa hingga munculah sebuah ide.. Burung tersebut kemudian mengambil kerikil- kerikil yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa meminum air tersebut








28.  Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali  dengan ....

Fabel I
Fabel II
A
menampilkan lokasi cerita
memberikan garis besar cerita
B
memberikan garis besar cerita
memulai dengan aksi
C
memunculkan masalah
mengisyaratkan bahaya
D
memulai dengan aksi
menampilkan lokasi cerita

29.  Bacalah kutipan fabel berikut!

Teks Fabel I
Teks Fabel II
Mumba dengan santai berjalan di tengah
hutan. Tanpa sengaja ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil   buah tersebut. Rencananya, dia akan menikmati buah yang lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai, Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
Si   rusa   tiba-tiba   marah   mendengar
jawaban si kura-kura. Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun berlagak tengah mencari sumber kehidupan. Si kura-kura berusaha menjelaskan,   namun   si   rusa   tetap marah. Si kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah.

Fabel I
Fabel II
A
bermajas litotes
bermajas personifikasi
B
bermajas personifikasi
bermajas perumpamaan
C
bermajas perumpamaan
bermajas litotes
D
bermajas metafora
bermajas personifikasi

30.  Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebentar lagi akan diumumkan juara lomba puisi yang akan dibacakan oleh ketua panitia. (2) Kepada semua para peserta lomba baca puisi diharapkan tenang. (3) Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang dalam bentuk buku tabungan.



Ketidakpaduan paragraf tersebut dikarenakan ....
A.    Penggunaan kata kepada dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
B.     Penggunaan kata semua, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
C.     Penggunaan kata semua, para, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
D.    Penggunaan kata kepada,semua,  para dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.




















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini