CONTOH SOAL KELAS 9
NASKAH SOAL TRYOUT BBS TAHUN
2019
SMP NEGERI 3 KRIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bacalah kutipan teks berikut!
|
1.
Ide pokok kutipan teks tersebut adalah
….
A. pentingnya kesehatan
B. gaya hidup berolahraga
C. manfaat berolahraga
2.
Isi tersirat kutipan
teks tersebut adalah ….
A. Olahraga sangat
bermanfaat bagi kesehatan
manusia.
B. Ingin tubuh sehat
dan bugar, lakukan olahraga secara rutin.
C. Jika tidak pernah berolahraga, pasti akan
merasakan dampak negatifnya.
D. Olahraga menjadi salah
satu
gaya hidup yang wajib dilakukan
setiap orang.
3.
Bacalah kutipan teks berikut!
|
Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan
teks tersebut adalah
….
A.
Sebagian besar uraian dalam
artikel banyak mengambil teori
pembangunan
karakter dari
beberapa tokoh.
B.
Data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun
tidak
ditemukan.
C.
Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini
pun belum ada.
D.
Artikel tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan karakter bangsa.
4.
Bacalah teks
berikut!
(1)
Lingkungan hidup harus kita
jaga kelestariannya sampai dunia
ini berakhir. (2)
Kelestarian lingkungan adalah tanggung
jawab semua orang, tanpa kecuali. (3) Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan. (4) Dinas Kehutanan bertugas menjaga
kelestarian hutan. (5) Jangan sampai lingkungan kita
hancur karena ulah kita sendiri.
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah menghilangkan kalimat nomor....
A.
(2)
B.
(3)
C.
(4)
D.
(5)
5.
Bacalah kutipan teks berikut!
|
Ringkasan kutipan tersebut
adalah ….
A.
Aktivitas
belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam
diri dan dari luar diri.
B.
Tidak
ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi
untuk hidup lebih baik.
C.
Aktivitas
belajar merupakan
kegiatan yang melibatkan unsur jiwa dan raga.
D.
Aktivitas
belajar seseorang sangat dipengaruhi
oleh
semangat untuk maju.
6.
Cermati kutipan
teks berikut!
Teks
I
|
Teks II
|
Di dataran
rendah
yang kering,
tanaman mangga
dapat menerima
sinar matahari selama 12
jam penuh sepanjang tahun.
Sinar matahari berperan untuk pembentukan
buah. Semakin intensif
sinar matahari, semakin manis buah yang
dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah
mangga
yang cukup
manis.
|
Kegiatan
transportasi harian
relatif
menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang
terjadi pada para
pekerja dan mereka yang
menempuh pendidikan
di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta
ini, kemacetan terjadi
setiap hari pada titik-titik yang menjadi
jalur pergerakan para pekerja dan siswa
dari
tempat tinggal menuju lokasi kerja dan
sekolah.
|
Perbedaan
penggunaan
bahasa kedua kutipan teks tersebut
adalah ….
Teks
I
|
Teks
II
|
|
A
|
beragam bahasa resmi
|
beragam bahasa tidak resmi
|
B
|
beragam
bahasa tidak resmi
|
beragam bahasa resmi
|
C
|
menggunakan kata penghubung sebab
|
menggunakan kata penghubung dan
|
D
|
menggunakan
kata penghubung dan
|
menggunakan
kata penghubung sebab
|
7.
Bacalah kutipan
teks berikut!
|
Kelemahan karya sastra pada kutipan tersebut
ditandai nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Bacalah kutipan cerpen berikut
kemudian kerjakan
soal nomor 8 s.d 10!
|
8.
Simpulan makna simbol pakaian serba
hitam pada kutipan
cerpen tersebut adalah
….
A.
kegembiran
B.
pemakaman
C.
berduka cita
D.
bersuka ria
9.
Isi tersirat kutipan cerpen tersebut
adalah …
A. Shinta memberi
kado terakhir
kepada sahabatnya Fira.
B. Persahabatan yang sejati akan
terbawa sampai
akhir
hayat.
C. Lila menenangkan Fira yang bersedih karena kehilangan.
D. Fira dan Lila menghadiri acara pemakaman sahabat sejatinya
10. Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen
tersebut
adalah ….
A. Fira salah
paham.
B. Ibu memaksa Lila.
C. Lila menyakiti Fira.
D. Shinta menderita
sakit.
Bacalah
kutipan kedua cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 11
dan
12!
Kutipan I
|
Kutipan II
|
Impian
Seorang Gadis
Miskin
“Hari ini kita
akan membahas tentang impian,”
ucap Bu Tya, guru Bahasa Indonesiaku.
“Tuliskan apa
impian kalian serta beberapa alasan kenapa kalian ingin menjadi seperti itu
pada
satu lembar kertas. Mengerti?”
Kami semua mengangguk.
Satu hal yang
muncul dalam pikiranku,
menjadi seorang penulis. …
|
Masih Ada Harapan
Yang
mencintaimu tidak hanya satu
orang, yang
memperhatikanmu juga
tidak satu orang, yang perlu kamu juga tidak
hanya satu orang, ada keluargamu,
teman-tamanmu, orang di sekitarmu yang
perlu kehadiranmu
dalam hidup mereka,
jangan jadikan satu orang sebagai alasan untukmu berhenti berharap hidupmu harus
tetap berjalan. …
|
11. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan
cerpen tersebut adalah diawali dengan ....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A
|
rumitan
|
peleraian
|
B
|
klimaks
|
rumitan
|
C
|
peleraian
|
penyelesaian
|
D
|
penyelesaian
|
peleraian
|
12. Perbedaan
penggunaan
bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A
|
menggunakan
majas
|
tidak menggunakan
majas
|
B
|
bermakna
konotasi
|
bermakna
denotasi
|
C
|
kalimatnya singkat,
jelas
|
kalimatnya panjang, bertele-tele
|
D
|
kalimatnya panjang,
membingungkan
|
kalimatnya singkat, jelas
|
Bacalah kutipan
fabel berikut
kemudian kerjakan soal nomor 13 s.d.
16!
|
13. Komentar yang tepat
terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah
…
A.
Setiap
melakukan
sesuatu hendaklah dipikir terlebih
dahulu supaya tidak menyesal
kemudian.
B.
Isi fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk ciptaan
Tuhan.
C.
Pemilihan latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan
latarnya di hutan.
D.
Pemilihan tokoh semut
dan kupu-kupu sangat sesuai
dengan
karakter
yang dimiliki kedua tokoh
tersebut.
Bacalah cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Melihat kedatangan sekawanan anak sekolah itu, anak laki-laki yang baru naik
itu
dan yang duduk di sebelahku, jadi gelisah. Dia
bergeser rapat ke dekatku.
“Tolong lindungi saya, Pak,katanya. Saya sama sekali tidak terlibat perkelahian itu.”
Saya tidak ikut-ikutan.‖
Dia semakin cemas dan gelisah. Mungkin dia menyadari kalau dia sedang
berhadapan dengan bahaya dan ia sudah terperangkap di antara langit-langit dan dinding
gerbong. Tak
ada tempat untuk menghindar. Pindah ke gerbong lain sudah
tidak mungkin. Gerbong
yang kami tumpangi adalah
gerbong terakhir.
14. Bagian alur
pada kutipan cerpen
tersebut adalah ….
A.
Orientasi
B.
Komplikasi
C.
Resolusi
D.
Koda
15. Latar tempat dan waktu pada kutipan cerpen
tersebut adalah....
A.
stasiun, pagi hari
B.
stasiun, sore hari
C.
kereta, malam hari
D.
kereta, siang hari
16. Cermati
teks
berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut
adalah …
A.
Kupas
bagian
kulitnya!
B.
Biarkan
sekitar 10 menit!
C.
Tempelkan pada kulit yang luka!
D.
Lepaskan dari luka
bila sudah sembuh!
17. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Pengalaman
pertama yang
membuat kami semakin
bersyukur kepada Tuhan YME.
(2)
Esok paginya, setelah puas kami pun turun gunung dengan perasaan penuh haru dan
syukur.
(3)
Malam tahun baru di puncak gunung, pengalaman
pertama kami.
(4)
Pendakian itu kami lakukan menjelang malam tahun
baru.
(5)
Perjalanan
mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.
Urutan kalimat-kalimat
tersebut yang tepat
adalah ….
A.
(4),
(2), (5),
(3), (1)
B.
(4),
(3), (2),
(5), (1)
C.
(5),
(4), (3),
(1), (2)
D.
(5),
(1), (2),
(4), (3)
18. Cermati
kalimat berikut!
|
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat rumpang tersebut
adalah ….
A.
membuang
B.
mengecilkn
C.
melemahkn
D.
menghilangkan
19. Bacalah teks berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah
….
A.
Motivasi belajar sangat bergantung pada diri sendiri.
B.
Siswa tersebut tidak
tergantung pada faktor di luar dirinya.
C.
Motivasi berdasarkan
sifatnya dibedakan
menjadi dua jenis.
D.
Siswa belajar ketika akan menghadapi ulangan
kenaikan kelas.
20. Bacalah teks
berikut!
|
Paragraf yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah ….
A.
Puisi “Ragaku” merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang
sederhana tidak membuat makna yang
timbul terasa hambar, datar, atau kurang
menarik. Namun justru sebaliknya. Puisi ini seperti
sebuah sumur di tengah padang pasir.
B.
Buku puisi
ini
sangat membantu
bagi
guru-guru
untuk
mengajarkan
bahan
pembelajaran puisi.
Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi
dengan ilustrasi gambar. Meskipun
demikian, puisi-puisinya
mudah dipahami dan dikemas
dalam bentuk untaian larik yang sederhana.
C.
Penulis novel ini
dengan cerdas mengambil
sesuatu yang beda demi menyampaikan pesan tentang
keagungan Tuhan. Manusia memang tidak ada apa- apanya. Manusia tidak akan menjadi "kuat", kaya, pintar,
hebat, dan lain
sebagainya, apabila Tuhan
tak berkehendak
padanya untuk
menjadi
demikian.
D.
Namun sebagian dari manusia berbuat banyak kerusakan, sementara hati tak sadar tentang
siapa
diri mereka dan siapa yang menciptakan mereka. Mereka berpikir seolah
bebas berbuat apa saja. Padahal dalam ketidaksadaran macam itu,
kekuasaan Tuhan
tak dapat
diragukan lagi.
21. Perhatikan paragraf berikut!
|
Kalimat yang tidak padu pada paragraf
tersebut ditandai nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
22. Bacalah teks
berikut untuk
menjawab soal
nomor 2 dan 3!
|
Informasi tersurat
berdasarkan teks tersebut adalah ….
A. Shock teraphy yang ditujukan
kepada para pecandu
rokok ternyata berhasil.
B. Kematian akibat merokok
ada
50 juta dalam kurun
waktu 50 tahun terakhir.
C. Penyebab utama kematian penduduk Australia adalah
akibat merokok.
D. Kandungan
zat
kimia berbahaya yang terdapat dalam rokok ada 4.000 zat.
23. Kesimpulan
isi teks tersebut adalah
....
A.
Merokok menyebabkan
kematian
70 juta jiwa pada kurun
waktu 50 tahun.
B.
Negara yang paling terkena dampak akibat rokok adalah Australia pada tahun
1993.
C.
Dalam rokok
terkandung 4.000 zat kimia berbahaya yang menimbulkan
sedikitnya 25
jenis penyakit.
D.
Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang menyebabkan kematian sehingga
menjadi masalah kesehatan dunia.
24. Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
|
Ide
pokok kutipan teks
tersebut adalah ….
A.
peranan
motivasi dalam belajar
B.
berbagai
macam
kebutuhan hidup manusia
C.
ketidakpuasan
manusia dalam
memenuhi kebutuhan
D.
peranan
belajar sebagai
motivasi memenuhi kebutuhan
25. Isi tersirat dalam
kutipan teks tersebut adalah
….
A.
Motivasi dan
kebutuhan memegang peranan penting.
B.
Pemenuhan kebutuhan
seseorang dipengaruhi oleh motivasi.
C.
Belajar adalah
kebutuhan
hidup
manusia
agar dapat memuaskan
aspek-aspek
kognitif yang paling mendasar.
D.
Jika seluruh kebutuhan
secara
individu terpenuhi,
maka
akan merasa bebas menampilkan seluruh
potensinya secara penuh.
26. Bacalah teks berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
….
A.
Selama ikan belum menetas sebaiknya air tidak diganti karena akan berpengaruh pada suhu air
dan
kelembabannya berubah.
B.
Selama proses penetasan suplai oksigen (aerasi) harus dipertahankan dan suhu distabilkan pada kisaran 28 –
29 o C.
C.
Setelah itu
ditunggu
sekitar satu
minggu sampai
ikan-ikan
menetas dan siap dipanen.
D.
Selama proses
ini lampu yang menerangi akuarium
diatur suhunya.
27. Bacalah teks
prosedur berikut dengan saksama!
(1)
Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)
Mula-mula air
disalurkan
melalui saluran pemasukan,
kemudian dibiarkan
menggenangi petakan
hingga tanah
cukup basah.
(3)
Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran
pembuangan.
(4)
Pengairan harus dilakukan secara rutin 3 – 5
hari sekali atau bergantung pada keadaan
cuaca dan
kelembaban tanah.
(5)
Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga
tanah cukup basah.
Urutan kalimat teks prosedur yang tepat
adalah….
A. (1), (3), (2), (5), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (4)
C. (4), (5), (1), (2), (3)
D. (4), (1), (2), (5), (3)
Bacalah kutipan fabel
berikut!
Teks
Fabel I
|
Teks Fabel
II
|
Dengan bangganya lucky berlari-lari
kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu
yang dikalungkan majikannya,
untuk
menarik perhatian orang lain.
Tetapi
tak ada satu pun orang yang senang melihat anjing
itu. Balok itu sebenarnya
dikalungkan majikannya agar orang mengetahui kehadiran lucky, dan bisa menghindarinya. Seekor anjing lain
yang melihatnya kemudian berkata
"Kamu seharusnya lebih bijaksana
dan berdiam diri di rumah agar orang tidak melihat balok yang
dikalungkan di lehermu. Apakah kamu senang bahwa semua
orang tahu betapa nakal dan
jahatnya kamu?"
|
Di sebuah hutan, musim kemarau,
burung-burung
dan
hewan-hewan lain
sangat sulit untuk
mendapatkan air. Namun ada seekor
burung perkutut
yang menemukan
kendi
tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut
memiliki bentuk yang
tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak bisa menjangkau air di dalam kendi tersebut.
Burung perkutut
tersebut tetap mencoba untuk
meminum air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung
itu hampir putus asa hingga munculah sebuah ide..
Burung tersebut kemudian
mengambil kerikil- kerikil yang
ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide
yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa meminum
air tersebut
|
28. Perbedaan
pola
pengembangan
kedua kutipan fabel tersebut
diawali
dengan
....
Fabel I
|
Fabel II
|
|
A
|
menampilkan lokasi cerita
|
memberikan garis besar cerita
|
B
|
memberikan garis besar cerita
|
memulai dengan aksi
|
C
|
memunculkan masalah
|
mengisyaratkan bahaya
|
D
|
memulai dengan
aksi
|
menampilkan lokasi cerita
|
29. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks
Fabel I
|
Teks Fabel
II
|
Mumba dengan santai berjalan di tengah
hutan. Tanpa
sengaja ia menemukan
buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, dia akan menikmati buah yang
lezat itu di pinggir sungai di tengah hutan,
ditemani hembusan angin, dan lambaian
daun pepohonan yang
mendayu-dayu. Sesampainya di tepi
sungai, Mumba dengan
santai menyantap buah tersebut.
|
Si rusa
tiba-tiba marah mendengar
jawaban
si kura-kura. “Jangan berlagak
engkau, hei
kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja seperti bola namun
berlagak tengah
mencari
sumber kehidupan”. Si kura-kura
berusaha
menjelaskan, namun
si
rusa
tetap marah. Si kura-kura yang
jengkel
akhirnya menantang
untuk mengadu kekuatan
betis kaki.
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
Fabel I
|
Fabel II
|
|
A
|
bermajas litotes
|
bermajas personifikasi
|
B
|
bermajas personifikasi
|
bermajas perumpamaan
|
C
|
bermajas perumpamaan
|
bermajas litotes
|
D
|
bermajas metafora
|
bermajas personifikasi
|
30. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebentar lagi akan diumumkan
juara lomba puisi yang
akan
dibacakan oleh
ketua panitia. (2) Kepada semua para peserta lomba baca puisi diharapkan tenang. (3)
Pemenang
akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang dalam bentuk buku tabungan.
Ketidakpaduan
paragraf tersebut
dikarenakan
....
A.
Penggunaan kata kepada dan
diharapkan pada kalimat
kedua yang tidak tepat.
B.
Penggunaan kata semua, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak tepat.
C.
Penggunaan kata semua, para, dan diharapkan pada kalimat kedua yang tidak
tepat.
D.
Penggunaan kata kepada,semua, para dan diharapkan pada kalimat kedua yang
tidak
tepat.
bagus, ada baiknya tiap posting tidak terlalu panjang.
BalasHapus